Mungkin kita cukup tertarik dengan kata baru atau up-to-date
untuk perangkat lunak atau keras komputer kita. Kita lebih suka menggunakan
hal-hal yang paling baru karena takut di bilang ketinggalan jaman atau ingin
merasakan lebih awal dari teman kita. Sebenarnya, banyak perangkat lunak
ataupun keras teknologi pada versi terbarunya tidak jauh beda. Misalnya, iPhone
3G dengan iPhone 3GS. Pada iPhone 3GS ditambahkan sedikit kecepatan, kamera dan
beberapa tambahan kecil lainnya. Setelah keluar iPhone 4, itu semua sirna.
Begitu juga untuk software seperti yang kita bahas kali ini, Microsoft Office
2010 dan Microsoft Office 2013. Yang menurut Paseban,
fitur-fiturnya tidak terlalu jauh berbeda.
Gebrakan suatu produk biasanya datang ketika konsumen sudah
mulai bosan dengan produk yang mereka ciptakan atau adanya sebuah perubahan
besar dalam dunia teknologi. Seperti pergantian saat ini dari model keyboard
dan mouse menjadi layar sentuh. Kebanyakan vendor-vendor software mengubah
desain produk mereka menjadi touch-friendly. Bahkan website pun harus
mengikuti hal tersebut dengan memperbesar tombol-tombol yang ada pada web
mereka agar mudah di sentuh jari. Jadi, Anda jangan terlalu tergiur dengan
versi terbaru sebuah produk sebelum mengetahui fitur-fiturnya memang berbeda
dengan versi sebelumnya. Berikut alas an mengapa kita tidak butuh Microsoft
Office 2013 bila sudah memiliki Microsoft Office 2010 menurut Paseban.
Mengapa Anda Sangat Membutuhkan Office 2013?
Integrasinya dengan SkyDrive, tampilan Powerpoint dan Excel
yang lebih baru dan integrasi Outlook dengan Facebook.
Jika karena salah satu alasan di atas atau ketiga alasan di
atas membuat Anda berfikir harus mengupgrade Office 2010 Anda ke Microsoft
Office 2013 sepertinya Anda harus mengkaji kembali. Di Office 2010, fitur
ini sudah ada walau tidak sama persis dengan yang ada di Office 2013. Office
2013 memiliki sedikit kelebihan. Tetapi secara keseluruhan itu tidak jauh beda.
Membayar mahal untuk hal kecil seperti itu, sepertinya tidak layak.
Sebenarnya, Microsoft Office hanya dikemas ulang kembali
dengan tampilan yang lebih baru dan lebih cocok untuk perangkat touchscreen.
Yang lainnya tetap tidak jauh berbeda. Lalu mengapa sepertinya Office 2013
lebih terkenal. Ketika Office 2010 keluar, tidak banyak berita dan promosi yang
dilakukan oleh Microsof sehingga orang-orang tidak terlalu memperhatikan
fitur-fiturnya. Berbeda dengan Office 2013 yang iklan-iklannya begitu banyak
dan juga review di website-website tekonologi yang tidak kalah banyaknya.
Microsoft Outlook
Beberapa bulan belakangan ini, Microsoft sedang
gencar-gencarnya melakukan promosi untuk Outlook.com. Email yang baru, adanya
kalender, task menager dan system kontak yang lebih baru dan ini gratis update
untuk para pengguna Hotmail. Dan satu lagi pastinya, tampilan yang berbeda
untuk Office 2013 tetapi clinet dan nama yang sama saja.
Jika Anda meresa fitur-fitur tersebut penting dan ingin ada
juga pada Outlook Anda, tenang kita bisa menambahkan beberapa fitur tersebut.
Cuaca bisa ditampilkan melalui menu Option kemudian Show weather on the
calendar di mana Anda bisa memilih dan menampilkan cuaca (Celcius atau
Fahrenheit). Facebook, LinkedIn, dan Twitter bisa di integrasikan dengan
Outlook.com dengan mengklik foto profil Anda > Edit profil > Connect dan
tambahkan aku jejaring sosial Anda.
Jika Anda lebih senang menggunakan fitur ini melalui Outlook
2010 darapiada melalui client email jangan khawatir. Microsoft Office Social
Connector dapat di download secara gratis yang fungsinya juga mengintegrasikan
situs-situs jejaring sosial. Tampilan baru kotak masuk di Outlook sebenarnya
tidak benar-benar baru. Di Outlook 2010 kita bisa mengubah tampilannya kotak
masuk menjadi mirip dengan Outlook 2013 melalui View > AutoPreview.
Microsoft Word
Fitur terbaru Word 2013 adalah, Anda bisa meletakkan foto di
dokumen di mana saja dan langsung menuliskan keterangan gambar dengan teks atau
ilustrasi. Ini yang bisa disebut sebagai teknologi DTP-esque. Pada versi
sebelumnya, kita cukup kesulitan dalam menempatkan gambar dan harus secara
manual memberikan keterangan pada gambar tersebut. Bisa menggunakan teksbox
atau yang lainnya.
Bila Anda menginginkan fitur ini di Office 2010, kita harus
menggunakan software tambahan seperti Serif PagePlus Starter Edition. Software
ini memungkinkan kita untuk mengimpor dan mengedit gambar di DOC dan. DOCX file
di manapun Anda suka seperti pada Office 2013.
Kemampuan mengedit dokumen PDF adalah salah satu fitur besar
yang ditawarkan oleh Office 2013. Dan ini memang sebuah perubahan besar.
Sedangkan di Word 2010 kita hanya bisa menyimpan PDF saja. Namun, dengan
bantuan beberapa software kita bisa membuat Word 2010 bisa mengedit dan
men-save dokumen dengan format PDF. Software tambahan tersebut seperti CutePDF
atau PDFescap. Fitur-fitur yang dimiliki software ini cukup lengkap seperti copy,
cut, paste, delete, rotation dan fungsi dasar Word lainnya.
Fitur andalah 2013 lainnya adalah, Anda bisa secara langsung
melihat halaman mana saja dari dokumen yang Anda edit dengan cepat. Apakah di
Word 2010 tidak bisa? Bisa, hanya saja kita harus mengaturnya secara manual.
Anda pilih menu Insert>Bookmar, beri nama Bookmarknya dan Location> Add.
Untuk menuju paragraph, kalimat atau apapun yang Anda Bookmark tinggak buka
menu insert dan pilih Bookmark Anda dan Go To. (Di Word 2007 fitur ini juga
sudah ada)
Microsoft Excel
Di Excel, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh
Microsoft. Fungsi-fungsi yang ada di Excel 2013 juga ada di Excel 2010. Yang
berbeda jauh hanyalah tampilan dan berbagai desain untuk Microsoft Excel.
Mungkin yang agak berbeda adalah filter dan slicers. Tetapi inipun bisa di atur
secara manual di Excel 2010.
Microsoft Powerpoint
Di Powerpoint juga tidak banyak perubahan. Mungkin yang
paling menonjol adalah perubaha kata dari Slide Show bila di Powerpoint 2010
dan present online. Untuk hal lain, ini sama saja. Anda hanya diberikan
desain-desain baru background dan desain slideshow. Itupun Anda harus
mendownloadnya dahulu di Microsoft. Ini akan semakin berkurang peminatnya
dengan saingan yang lebih maju dibanding Powerpoint Microsof, seperti Prezi.
Integrasi dengan SkyDrive
Hal yang paling digmebar-gemborkan oelh Microsoft adalah,
integrasi Office 2013 dengan SkyDrive. Padahal, di Office 2010 pun sudah
terintegrasi dengan SkyDrive. Yang kita butuhkan hanyalah download aplikasi
yang berhubungan dengan SkyDrive (setiap akun Microsoft memliki hubungan dengan
SkyDrive). Ketika di install, akan menambahkan entri di Windows Explorer Anda.
Tinggal Anda simpan dokumen pada folder tersebut dan tersimpan ke penyimpanan
awan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar