Senin, 28 September 2015

VALIDASI DATA (DATA VALIDATION) MICROSOFT EXCEL




Topik Terkait
tutorialmicrosoftexcel.net – Membuat sebuah kontrol dan menentukan dan  sebuah cell harus di-input dengan angka saja, sangat mudah dilakukan di Microsoft Excel. Tutorial Microsoft Excel akan membahasnya untuk anda. Jika pada postingan yang lalu kami telah memberikan Shortcuts Keyboard Pada Microsoft Excel, nah untuk pelajaran dasar kali ini kami akan membahas tentang Validasi Data dengan Microsoft Excel. Pada microsoft excel, perintah untuk melakukan validasi data sudah disediakan pada menu Data Validation yang berfungsi untuk menentukan jenis data yang akan digunakan pada sebuah cell, biasanya Fungsi Data Validation pada Microsoft Excel digunakan untuk menghindari kesalahan user dalam meng-input data . Sebagai contoh lihatlah gambar di bawah ini :
Menggunakan Data Validation pada Microsoft Excel
Pada gambar di atas, Cell C5 diisi dengan angka bukan huruf, untuk menghindari kesalahan agar user tidak meng-input huruf kita dapat menggunakan fungsi Data Validation pada Microsoft Excel dengan memilih menu Data kemudian pilih icon Data Validation lalu klik kembali menu Data Validation pada Microsoft Excel (lihat pada gambar). Setelah memilih Data Validation akan tampil form data validation seperti di bawah ini.
Menggunakan Data Validation pada Microsoft ExcelPilih pada combo Allow Whole Number untuk menentukan hanya angka yang boleh di isi pada cell C5.   Pilih combo Data between dan isi nilai minimum dan maksimum.
Menggunakan Data Validation pada Microsoft ExcelJika menginginkan comment pesan pada cell, pada TAB menu Input Message Isi Title dan Pesan yang diinginkan.
Menggunakan Data Validation pada Microsoft ExcelPada TAB Menu Error Alert dapat anda fungsikan untuk memberikan pesan peringatan jika user salah meng-input data pada cell. Pilih Style untuk menentukan jenis pesan lalu Title untuk judul pesan dan isikan text pesan.
Jika anda sudah melakukan perintah di atas, maka cobalah untuk memasukkan data selain angka pada cell C5 maka akan tampil message box peringatan kesalahan seperti gambar di bawah ini :
Menggunakan Data Validation pada Microsoft Excel
Pada tahap ini berarti anda sudah menjalankan fungsi Data Validation dengan Microsoft Excel. Untuk penanganan Data Valition anda juga dapat menggunakan VBA pada Microsoft Excel. Ikuti terus update dari Tutorial Microsoft Excel dari kami. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LPJ BOS SMK Tahun Anggaran 2020

LPJ BOS SMK Tahun Anggaran 2020 User via SMS :  0857 5954 7892 FB :  https://web.facebook.com/iwan.kurniawanb Twitte...