Senin, 28 September 2015

Perbedaan Rumus COUNT dan COUNTA Pada Ms. Excel

Sahabat Excel-Id, jika Anda memang sering menggunakan rumus COUNT yang berfungsi untuk menjumlahkan data angka mungkin sudah tidak asing lagi rumus ini akan menjumlahkan data yang memiliki karakter numerik lalu apa bedanya dengan rumus COUNTA?

Sebelum saya bahas perbedaan kedua rumus tersebut sedikit saya uraikan bahwa kedua rumus yaitu COUNT dan COUNTA keduanya sama-sama digunakan untuk menghitung data pada range dan bedanya yaitu jika COUNT tidak bisa menghitung data selain numerik sedangkan COUNTA bisa menghitung data selain numerik.

Syntac Rumus COUNT dan COUNTA
=COUNT(range)
Contoh : =COUNT(A1:A10)

=COUNTA(range)
Contoh : =COUNTA(A1:A10)

Berikut contoh penggunaan rumus COUNT
Jika kita mempunyai data misalnya seperti dibawah ini


Coba perhatikan data yang ada di cell A7 terdapat data selain angka jika dituliskan rumus seperti D1 dengan formula =COUNT(A1:A9) maka hasilnya adalah 8 karena data yang memiliki angka yaitu hanya 8 dari 9 data karena yang satunya adalah bukan data angka melainkan huruf.

Mari kita bedakan dengan rumus COUNTA
Jika data kita adalah sama seperti yang telihat diatas dan kita akan menuliskan rumus =COUNTA(A1:A9) pada cell D5 maka hasilnya akan diperoleh angka 9 karena data yang ada dan terisi pada range A1:A9 adalah 9 data. Lalu bagaimana jika saya hapus dua angkamaka hasilnya adalah 7 berikut tampilan rumus COUNTA


Nah, sekarang sudah tahu cara membedakan rumus COUNT dan COUNTA. Silakan untuk mempelajari rumus COUNT klik link dibawah ini

Rumus Fungsi COUNT

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LPJ BOS SMK Tahun Anggaran 2020

LPJ BOS SMK Tahun Anggaran 2020 User via SMS :  0857 5954 7892 FB :  https://web.facebook.com/iwan.kurniawanb Twitte...